Gubernur Ganjar Pranowo saat mengunjungi salah satu stand di kegiatan UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel, Semarang, Senin (5/4/2021).

Sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah dalam meningkatkan kelas produk UMKM Jateng. 

Baru-baru ini, Pemprov Jateng menjalin kerja sama dengan empat hotel di bawah naungan Accor Group. Kerja sama ini untuk memberikan ruang baru bagi para pengusaha UMKM di Jateng.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, kerja sama yang melibatkan UMKM dengan perhotelan ini adalah tindak lanjut dari program-program yang ada dalam upaya meningkatkan UMKM Jateng.

“Saya berterima kasih dengan Accor Group, tidak hanya di Semarang tetapi juga di Solo dan Surabaya. Kita mencoba kerja sama, jadi kita gandeng produk UMKM, terus kemudian kita taruh di hotel. Sehingga pengunjung hotel bisa langsung mencicipi produk lokal kita,” ujar Ganjar, usai kegiatan UMKM Network and Business Fair di Hotel Novotel, Semarang, Senin (5/4/2021).

Ganjar menambahkan, produk-produk UMKM yang sudah bisa masuk ke hotel tersebut telah melewati seleksi kualitas. Termasuk pendukungnya seperti cerita, narasi, atau story telling dari produk tersebut.

“Biar lulus harus berkualitas. Kalau memang tidak bisa maka kita ajari, pemerintah turun tangan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Ema Rachmawati, mengungkapkan, total kerja sama empat general manager hotel Accor Group dengan 43 Koperasi dan UMKM tersebut mencapai kurang lebih Rp1,5 miliar dengan kontrak kerja sama berlangsung selama dua tahun.

“Alhamdulillah di tahap pertama ini, kita terus melakukan kurasi. Kualitas kontrol jadi perhatian kami. Kurasi menjadi kunci untuk masuk hotel-hotel ini,” katanya.

Ema menerangkan, adapun beberapa UMKM yang sudah masuk seperti aneka makanan, kerajinan tangan, busana, dan lainnya.

“Mudah-mudahan nanti kontraknya diperpanjang (kerja samanya). Jumlah itu belum termasuk dengan kerja sama dengan Grand Mercure dan Kemenparekraf,” ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di laman https://www.ayosemarang.com/read/2021/04/05/74650/angkat-potensi-umkm-jateng-pemprov-gandeng-accor-group dengan judul “Angkat Potensi UMKM Jateng, Pemprov Gandeng Accor Group”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *