Bengok Craft menjadi salah satu usaha yang berkontribusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik. Sebagai usaha di bidang kerajinan enceng gondok, Bengok Craft senantiasa memberikan sosialisasi maupun pelatihan mengenai optimalisasi peluang enceng gondok yang melimpah.

Enceng gondok yang tersebar di Rawa Pening memang biasanya hanya dijual ke pengepul dalam kondisi mentah atau hanya dikeringkan saja. Pada saat itu, memang belum banyak yang memanfaatkan gulma perairan rawa yang satu ini.

Alih-alih hanya dijual dalam bentuk kering, masyarakat sekitar Desa Kesongo diajak oleh Bengok Craft untuk mengolah enceng gondok menjadi kerajinan yang memiliki nilai guna. Bengok Craft mewujudkan harapan nyata untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik dengan memberdayakan masyarakatnya.

Dampaknya pun sangat besar. Jika ditelaah, terdapat  banyak dampak yang dirasakan baik dari segi sosial, ekonomi, maupun budaya.

Dilihat dari dampak sosial, pemberdayaan Bengok Craft telah membangun sikap dan membentuk perilaku masyarakat untuk menjadi masyarakat yang memiliki nilai sosial tinggi terhadap sesamanya seperti misalnya mengajak masyarakat lain untuk ikut dalam pemberdayaan yang dilakukan oleh Bengok Craft agar masyarakat mendapatkan wawasan yang lebih tentang ketrampilan dalam pembuatan kerajinan eceng gondok maupun pemasarannya. Selain itu, pemberdayaan juga secara tidak langsung telah meningkatkan interaksi sosial antar warga, yang menjadikan masyarakat satu dengan yang lainnya lebih sering berkomunikasi dan berinteraksi.

Dengan adanya kegiatan pemberdayaan ini masyarakat satu dengan lainnya lebih akrab, lebih banyak interaksi. Soalnya mereka disatukan dalam satu kegiatan pelatihan, mulai dari metik sampai pembuatan kerajinan yang diikuti oleh berbagai kalangan warga”, jelas Supriyadi selaku Kepala Desa Kesongo (14/05/20)

Sedangkan dari dampak ekonomi, perekonomian masyarakat mengalami peningkatan. Perekonomian yang meningkat dan jauh lebih baik tersebut didapat dari hasil pembuatan kerajinan eceng gondok. Dengan mengikuti pemberdayaan yang dilakukan oleh Bengok Craft melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan kerajinan eceng gondok, masyarakat menjadi aktif, rutin dan konsisten dalam memproduksi kerajinan eceng gondok, yang kemudian hasil kerajinan tersebut dijual.

Selain dampak sosial dan ekonomi, dampak budaya pun juga berpengaruh. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Bengok Crafttelah membentuk budaya baru di dalam kehidupan masyarakat Desa Kesongo yang dihasilkan dari hasil belajar dalam kegiatan pemberdayaan. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Bengok Craft telah menambah wawasan dan gagasan yang membentuk suatu tindakan dalam masyarakat. Tindakan tersebut menjadi kebiasaan dalam kehidupan masyarakat, sehingga menjadi budaya baru dalam kehidupan masyarakat Desa Kesongo.

Dahulu saya tidak bisa mb, terus diajari oleh Mb Rofidah kok lama-lama bisa. Saya telateni membuatnya kok tambah bisa,akhirnya jadi rutin membuat mb. Dahulu saya di rumah cuma mengasuh anak, paling kadang membantu bapak ambil eceng gondok di Rawa setelahnya dijual secara gelondongan. Sekarang alhamdulilah bisa membuat kerajinan ya walaupun pelan-pelan mb jadi eceng gondok yang dahulu dijual gelondongan kalih bapak sekarang saya buat kerajinan baru dijual”, ujar Nuryanti salah satu pengrajin enceng gondok. (29/05/20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *