Exclusive UMKM Fair memang sudah tidak asing lagi mengingat pameran ini telah diadakan berkali-kali. Kali ini, Novotel Semarang kembali lagi adakan pameran UMKM sekitar Semarang dan sekitarnya dengan menggandeng beberapa UMKM baik usaha makanan maupun kerajinan seperti DeQipaZ Craft, House of Monel, Gallery UKM Jateng, Pukis Badran, Warung Sayur Buah Qirana, Kopi Salem, dan Artbyra Fabric Painting and Craft.

Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 31 Maret – 5 April 2021 sejak pukul 09:00-20:00 waktu setempat. Bertempat di lobby hotel, pameran ini tidak hanya diperuntukkan untuk para tamu hotel namun juga masyarakat umum.

General Manager Novotel & Ibis Budget Semarang Dodit Hapsoro mengatakan pameran ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari manajemen Accor International yang berkedudukan di Paris dalam mendukung usaha UMKM ditengah suasana pandemi yang membuat bisnisnya menurun, diharapkan dengan dukungan ini bisa membuat perekonomian akan pulih kembali.
Pameran ini adalah yang ke 5 kalinya diadakan disetiap long weekend, dalam pameran ini ada 2 keuntungan yang di dapat baik oleh pelaku UMKM itu sendiri maupun para tamu hotel, UMKM bisa langsung menjual produknya ke tamu hotel, sementara tamu hotel tidak perlu harus keluar hotel untuk mendapatkan barang yang diinginkan, cukup di lobby hotel. Di bulan Ramadhan ini pihaknya akan menggelar pameran selama sebulan penuh. Para UKM bisa menggelar produknya tanpa dipungut biaya apapun.

Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati di sela peninjauan ke pameran UMKM di lobby Hotel Novotel mengatakan pameran ini adalah bentuk kerjasama antara Accor Group dengan Dinas Koperasi UKM Prov Jateng untuk mendorong produk UMKM masuk hotel, UMKM ini naik kelas karena tidak hanya berjualan di pasar tetapi bisa langsung berjualan dengan para tamu hotel, ini adalah salah satu komitmen bersama.
Selain pameran, bentuk kerjasama lainnya adalah pengisian mini bar yang ada di kamar hotel dengan produk-produk UMKM.
Diharapkan bentuk kerjasama ini tidak hanya di Semarang dan Solo saja tetapi bisa ke Jogya dan Provinsi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *