Seperti di postingan sebelumya, kita membahas mengenai tiga komoditas utama yang berpeluang di Pasar Internasional. Di postingan kali ini, kita akan menjelaskan beberapa komoditas lainnya yang berpeluang di Pasar Internasional, apa saja ya kira-kira?

4. Rempah-Rempah

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat tingginya permintaan rempah periode Januari-April 2020 sebesar USD 218 juta atau meningkat 19,28 persen di bandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Komoditas rempah unggulan ekspor Januari-April 2020 itu cengkeh, pala, kembang pala, kayu manis, kayumanis dan bunga lainnya, kapulaga, bubuk kembang pala, kunyit, dan bubuk pala. Rempah-rempah yang beragam ini tak diragukan kualitasnya apalagi Indonesia dikenal sebagai negara dengan rempah-rempahnya semenjak jaman penjajahan yang dimana harga jualnya masih cenderung murah. Namun, saat ini rempah-rempah Indonesia di mancanegara berhasil dijual dengan harga yang bersaing. Negara-negara tujuan ekspor untuk rempah-rempah Indonesia diantaranya yaitu negara Uni Eropa karena Uni Eropa menjadi mitra perdagangan penting bagi ekspor Indonesia.

5. Buah Tropis                                    

Buah-buahan Indonesia merupakan buah tropis yang mana tidak semua negara memiliki jenis buah tersebut. Oleh karena itu, potensi buah tropis saat ini sangat menjajikan di pasar Internasional apalagi buah-buahan tropis tersebut memiliki rasa yang nikmat. Buah-buahan yang diminati pasar ekspor diantaranya yaitu nanas, mangga, salak, durian, rambutan, dan lain-lain.

Menurut Menteri Pertanian, ekspor utama buah Nanas ke Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan, Jepang mencapai 1,5 triliun. Kemudian ekspor utama manggis ke Hongkong, China, Malaysia, Saudi Arabia dan Prancis mencapai 1,09 triliun.

6. Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu industri yang berpotensi besar di pasar mancanegara. Hal disebabkan karena produk-produk kerajinan Indonesia sangat beragam dan unik-unik. Seperti contohnya handicraft. Produk-produk kerajinan yang telah dikenal di mancanegara diantaranya yaitu kain batik dan kain songket. Namun, ada juga beberapa jenis kerajinan lain yang memiliki nilai fungsional seperti kerajinan rotan dan kerajinan eceng gondok. Bengok Craft merupakan salah satu produk kerajinan eceng gondok yang berhasil merambah ke pasar ekspor. Beberapa negara tujuannya yaitu seperti Singapura dan beberapa negara di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *