Indonesia merupakan negara dengan potensi kekayaan yang melimpah. Hal ini disebabkan karena Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia (SDM) serta wilayahnya yang luas yang menyimpan banyak kekayaan alam maupun budaya yang beragam. Tak heran jika perekonomian Indonesia terus semakin membaik meskipun terdapat pandemi COVID-19. Dikutip dari CNBC, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih minus di bawah -0,2%. Meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi RI masuk ke 6 besar tertinggi di Asia bahkan mengalahkan Jepang.

Tentunya banyak aspek yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia salah satunya yaitu dengan hadirnya UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) yang terus berinovasi dalam produknya agar dapat dimanfaatkan bagi khalayak. Produk UMKM saat ini tak hanya memasarkan produknya di dalam negeri, bahkan saat ini banyak UMKM yang sudah menjajal pasar ekspor di berbagai negara di dunia. Apalagi dengan banyak program pelatihan yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga tertentu menjadikan Indonesia seharusnya lebih siap dalam menghadapi tantangan ekspor.

Hal-hal apa saja yang diperbaiki oleh para UMKM mengenai produknya agar semakin berpeluang untuk masuk ke pasar ekspor?

1. Quality

Quality atau kualitas produk yang dipasarkan seharusnya memiliki kualitas atau mutu yang baik. Hal ini disebabkan karena pelanggan mancanegara memiliki mindset untuk memiliki produk yang dapat digunakan jangka panjang. Mungkin jika berbicara mengenai pasar lokal, kita cenderung aka melihat harga terlebih dahulu dibandingkan dengan kualitas.

Jadi, mau tidak mau kita sebagai pelaku UMKM harus terus memperbaiki kualitas produknya agar dapat diterima baik oleh pelanggan mancanegara. Kualitas produk dapat diperbaiki dengan cara seperti meningkatkan mutu bahan baku maupun dari segi proses pembuatan produk.

2. Packaging

Ternyata memiliki kualitas yang baik saja belum cukup. Hal yang harus diperhatikan agar produk dapat diterima di pasar ekspor yaitu dengan menggunakan packaging atau kemasan yang baik pula. Bahkan, agar semakin menarik perhatian para pembeli, packaging produk memang sengaja dibuat dengan unik yang berbeda dengan yang lain bahkan terkesan belum pernah ada sebelumnya. Packaging yang baik dan unik juga menjadi kesan pertama (first impression) yang baik bagi para calon pembeli karena produk yang pertama kali terlihat oleh mata yaitu mengenai kemasannya.

Seperti itulah gambaran dari 2 strategi jika ingin memperbesar peluang ekspor. Bagaimana dengan 3 strategi yang lainnya? Simak di postingan berikutnya yang akan datang ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *