Bekraf, salah satu Fasilitas yang Diberikan Pelaku UMKM untuk Ekonomi Kreatif

Halo Sobat Bengok, seperti yang kalian ketahui, pandemi menimbulkan dampak kerugian yang signifikan di beberapa sektor. Salah satu sektor yang ikut terdampak akibat pandemi COVID-19 yaitu sektor perekonomian dimana pertumbuhan perekonomian di seluruh dunia apalagi Indonesia turun secara drastis. Hal ini memang disebabkan beberapa faktor diantaranya karena banyak masyarakat khususnya kelas menengah kebawah cenderung menahan untuk membelanjakan uangnya dan lebih berhati-hati. Hal ini tentunya membuat produksi dan transaksi perdagangan  menjadi terhambat yang berdampak pula pada pengurangan jumlah tenaga kerja. Banyak perusahaaan yang memotong jumlah tenaga kerja demi efisiensi di kala pandemi.

Lalu, apakah itu berarti di masa pandemi masyarakat tidak memiliki harapan untuk mendongkrak perekonomian? Tentu, saja masih ada beberapa peluang dengan berbagai cara agar perekonomian tetap dapat terus tumbuh. Salah satunya yaitu melalui ekonomi kreatif. Berbicara mengenai ekonomi kreatif memang sudah tidak asing apalagi bagi para wirausaha. Ekonomi kreatif merupakan salah satu konsep di bidang ekonomi yang mengutamakan kreativitas dan inovasi dalam menghasilkan produk baik barang maupun jasa.

Indonesia dengan kekayaan alamnya yang melimpah tentunya menjadi keuntungan tersendiri. Hal ini tentunya dapat diterapkan di sektor perekonomian yaitu dengan memproduksi produk dengan tambahan inovasi dan kreativitas. Seperti yang diketahui sebelumnya jika banyak pekerja yang dirumahkan di masa pandemi. Padahal mereka sangat bergantung hidupnya kepada perusahaan. Oleh karena itu, ekonomi kreatif bisa menjadi solusi di kala pandemi agar perekonomian tetap jalan seperti dengan berwirausaha di rumah saja.  

Menurut Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dalam keterangan persnya menyatakan pandemi Covid-19 membuat era digital terakselerasi lebih cepat dari yang seharusnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pandemi memaksa hampir semua orang untuk mentransformasi segala kegiatannya ke platform digital. 

Dengan demikian, sangat jelas bahwa ekonomi kreatif dapat menjadi alternatif dalam menggerakkan roda perekonomian apalagi dengan dibantunya digitisasi dimana para wirausaha dapat mempromosikan, memesan, dan mengantar produknya via online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *