Produk Lokal Karya Bengok Craft

Seperti yang Sobat Bengok Tahu, saat ini banyak sekali produk-produk impor membanjiri market di Indonesia. Dimulai dari kualitas yang oke hingga yang biasa-biasa saja. Tahukah kalian bahwa kita masih memiliki stigma terhadap produk lokal? Produk lokal dianggap belum memiliki kualitas sebagus produk impor. Padahal, kenyataannya saat ini produk lokal semakin berkembang dan memiliki daya saing yang tinggi loh. Selain dari segi kualitas, ada banyak keuntungan lho jika kalian membeli produk-produk lokal. Ini dia keuntungannya.

  1. Membantu Meningkatkan Perekonomian Dalam Negeri

Ketika kalian membeli produk lokal, otomatis kalian berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dalam negeri karena uang yang dibelanjakan hanya lari ke dalam negeri tidak ke luar negeri. Selain itu, para pelaku usaha seperti UMKM juga semakin bersemangat dalam membuka produk yang baru maupun mengembangkan produk yang telah dibuat jika kita antusias membeli produk dalam negeri.

  1. Membantu Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Manfaat lain jika kalian bangga dengan produk lokal yaitu kalian turut membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya hasil penjualan, maka pendapatan para pelaku usaha tentunyaakan semakin meningkat dan kita turut andil dalam menyejahteraka masyarakat

  1. Memperluas Lapangan Pekerjaan

Bangga terhadap produk lokal dapat dilakukan dengan membeli produk-produk lokal. Ketika banyak yang membeli produk lokal, otomatis permintaan akan semakin meningkat dan dengan demikian membutuhkan lebih banyak pekerja.

  1. Berkualitas

Produk dalam negeri saat ini terus berkembang dan memiliki kualitas yang tidak kalah lho dengan produk luar negeri. Banyak produk lokal yang terus meningkatkan mutu dan juga mengembangkan inovasi-inovasi agar produknya semakin diminati. Bahkan, saat ini mulai banyak produk lokal yang unik yang dipasarkan ke berbagai negara di dunia. Seperti contohnya usaha kerayatan berbasis pemberdayaan masyarakat yaitu Bengok Craft. Usaha ini mengolah eceng gondok menjadi aneka kerajinan yang bermanfaat seperti home decor, sandal, tas, jaket, dan lain-lain. Produk-produknya diminati oleh pelanggan dari mancanegara seperti Italia, Singapura, dan lain-lain.

  1. Terjangkau

Meskipun produk-produk lokal yang dihasilkan memiliki kualitas yang oke, namun harga yang ditawarkan juga oke di kantong, lho. Jika dibandingkan dengan produk luar negeri atau produk ekspor, tentu saja harga produk lokal Indonesia biasanya masih lebih terjangkau lho.

Nah, seperti itulah alasan-alasan mengapa kita harus bangga dengan produk lokal. Kalau tidak kita lagi yang mendukung produk lokal, siapa lagi?

#banggaproduklokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *