Halo Sobat Bengok, dalam dunia lingkungan kita sering mendengar istilah Recycle dan Upcycle. Meskipun kedengarannya mirip, namun keduanya memiliki makna yang berbeda, lho.

Apasih perbedaannya?

Recycle atau yang berarti daur ulang merupakan proses pengolahan kembali barang-barang yang tidak lagi terpakai menjadi produk lain. Seperti pengolahan botol bekas menjadi kerajinan bunga plastik. Proses nya memang lebih sedikit rumit dibandingkan upcycle. Biasanya, pengolahan recycle dilakukan dengan pengumpulan barang bekas tak terpakai, kemudian dihancurkan/dileburkan dan kemudian dijadikan produk yang berbeda.

Sedangkan Upcycle merupakan proses pemanfaatan barang alam dan non-alam disekitar yang kemudian diolah menjadi produk baru yang lebih bernilai. Disini, proses upcycle lebih sederhana dibandingkan dengan recycle karena hanya mengandalkan kreativitas. Seperti contohnya eceng gondok yang hanya menjadi gulma dimanfaatkan menjadi kerajinan yang lebih bernilai. Proses pemanfaatan eceng gondok hanya perlu dikeringkan dan tidak mengubah bentuk bahan aslinya. Maka dari itu, proses ini termasuk kategori Upcycle.

Sekian penjelasan mengenai perbedaan Recycle dan Upcycle, semoga bermanfaat ya Sobat Bengok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *