2019-10-09 21:21:02, by Dessyfitria

Perkembangan industri kreatif semakin lama semakin pesat dari tahun ke tahun dan itu pastinya akan berpengaruh terhadap usaha kerakyatan yang sedang mas Aji rintis. Sekarang usahanya pun semakin berkembang, memang sih untuk mencapai sebuah puncak gunung dibutuhkan waktu yang tak singkat, tenaga serta biaya yang menunjang untuk proses pendakian. Begitu pula dalam hal berwirausaha perlu yang namanya perjuangan heheee….

Nah, perjuangannya mas Aji pun sangat rumit dan banyak rintangannya. Tetapi ia bertahan dan yakin bahwa usaha yang telah ia rintis akan berkembang. Karena pada siklus Product life cycle itu sendiri ada 4 tahap yaitu

  • Introduction
  • Growth
  • Maturity
  • Decline

Nah pada saat ini Bengok Craft itu sendiri sedang berada di fase Growth, kenapa di fase growth?

Karena pada fase ini produk sudah dikenal dan diterima oleh konsumen. Buktinya dari Bengok Craft itu sendiri  ia telah mengikuti beberapa event pada tahun 2019 ini, seperti Festival Tol Ikkon – Bekraf di Ungaran, Bio Economy Expo – UNDP di Gandaria City, Malang Creative Fair di Cyber Mall hingga INACRAFT 2019 pameran terbesar se-Asia Tenggara di JCC Senayan dan bahkan dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Orang nomer satu di Indonesia yang tertarik dan langsung membeli produk Bengok Craft, berupa buku catatan (notebook). 

Senang sekali rasanya karena mendapatkan apresiasi yang luar biasa ini. Tetapi masih banyak yang harus dilalui oleh Bengok Craft karena bersaing dan berjualan di pasar mancanegara memiliki tantangan tersendiri. Lantaran banyaknya pesaing dari berbagai negara dan keinginan mas Aji selanjutnya yaitu bisa untuk ekspor barang, tetapi ia juga harus mengurus banyak dokumen dan segala keperluan yang cukup rumit. Namun dengan visi dan tekad yang terus dipupuk, mas Aji sama sekali tidak keberatan. Ia merasa senang karena mendapatkan apresiasi yang luar biasa ini. Terlebih dengan filosofi Bengok Craft sendiri yang membuat semangat mas Aji tidak mudah padam. Bengok dari nama lokal dan Craft istilah global, produk lokal yang akan tembus pasar global, itulah yang mas Aji harapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *